Home » Kurikulum » DESKRIPSI MATA KULIAH KURIKULUM 2014

DESKRIPSI MATA KULIAH KURIKULUM 2014

DESKRIPSI MATA KULIAH
JURUSAN TADRIS MATEMATIKA
FAKULTAS TARBIYA DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG

 

KUT 448:Penelitian Kuantitatif Pendidikan Matematika (2 Sks)

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang cara memperolehkebenaran,pengetahuan tentang tugas-tugas ilmu dan pengetahuan, memberikan pemahaman tentang perbandingan cara berpikir ilmiah dan langkah umum penelitian kuantitatif dengan menggunakan statistik sederhana. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agar mampu Memahami Metodologi Penelitia Kuantitatif pendidikan Matematika, Menulis Proposal, Melaksanakan Penelitian dan Menulis Laporan

Referensi:

  1. T. Ruseffendi. (1998). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Ilmu Non Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.
  2. B. Walter dan D. G. Merdith (1989). Educational Research. Melbourne: Longman CheshirePty.

 

KTT 402: DESAIN EKSPERIMEN (2 Sks)

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan keterampilan perencanaan dan perancangan percobaan dalam menyelesaikan permasalahan penelitian dan eksperimen. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu membuat rancangan percobaan yang dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah perancangan, perbaikan, pemasangan dan pengoperasian sistem integral, Mahasiswa mampu melakukan analisis variansi satu arah, baik tanpa blok, dengan blok, dan tipe percobaan lainnya, untuk menyelesaikan masalah perancangan, perbaikan, pemasangan dan pengoperasian sistem integral, Mahasiswa mampu melakukan analisis variansi dua arah, baik dengan faktorial lengkap maupun dengan bentuk desain lainnya, untuk menyelesaikan masalah perancangan, perbaikan, pemasangan dan pengoperasian sistem integral

Referensi:

  1. Montgomery Douglas C. (1991). Design and Analysis of Experiment, third Edition, JohnWiley & Sons.
  2. Ahmad Ansori Mattjik, Ir., M.Sc., Ph.D., dan Made Sumertajaya Ir., M.Si., DR. (2000). “Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab. Edisi kesatu, IPB PRESS Bogor.
  3. Stell R.G.D dan Torrie J. H. (1993). “Prinsip dan Prosedur Statistika”. Edisi Ketiga, Gramedia Putaka Utama Jakarta.
  4. Vincent Gaspersz Ir., DR. (1991). ” Metode Perancangan Percobaan”. CV. Armico, Bandung.
  5. Sudjana, M.A., M.Sc., DR. Prof. (1994). Desain dan Analisis Eksperimen, Edisi III. TarsitoBandung.
  6. Gomez K.A. dan Gomez A.A. (1995). Prosedur Statitistika untuk Penelitian Pertanian, EdisiKedua, UI-PRESS, Jakarta.

 

KUT 453: ANALISIS VARIABEL KOMPLEK 1(2 sks)

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam memecahkan masalahyang berkaitan dengan analisis di bilangan Komplek. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu Memahami Tentang Bilangan Komplek,Memahami sifat-sifat yang ada pada bilangan komplek, Memahami fungsi pada bilangan komplek, Memahami tentang limit pada bilangan komplek, Memahami kekontinuan di Bilangan Komplek

Referensi:

  1. D Paliouras. 1975. Complex Variable for Scientist and Engineers. New York: MacMillan Publishing Co.
  2. V Churchill and J.W Brown. 1984. Introduction to Complex Variable and Aplications. New Jersey: MacGraw Hill Book Company


KUT 419: PENGANTAR LOGIKA (2 sks)

Matakuliah ini berisikan materi penalaran, proposisi, inferensi dan silogisme yang bermanfaa bagi kehidupan sehari hari. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami konsep-konsep dan term penalaran, proposisi, inferensi dan silogisme

Referensi:

  • R.Stoll (1976). Set Theory and Logic. New Delhi: Eurosia Publisihing House (PVT) Lid
  • Supper (1961). Axiomatic Set Theory. Princeton, New Jersey: D.Van Nostrand Inc
  • Supper (1967). Introduction to Logic. Princeton, New Jersey: D. Van Nostrand Inc
  • Hendrik, J. 1995, Pengantar Logika.
  • Muniri, 2010. Logika Dasar Matematika. Penerbit Alims Publishing

 

KUT 415: ALJABAR (2 sks)

Matakuliah ini mengkaji tentang persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan fungsi rasional, bukti dengan induksi matematika, bilangan berpangkat dan logaritma,barisan dan deret, dan suku banyak. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami konsep aljabar,memiliki keterampilan dalam menghitung dan manipulasi secara aljabar

Referensi:

  1. J Aldress. 1989. Ilmu Aljabar. Jakarta: PT. Pradnya Pratama.
  2. Zainuddin, dkk. 1973. Aljabar ilmu Analitik. Jakarta: Wijaya

 

KTT 408: ALJABAR KODING (2 SKS)

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep dalam Teori Koding (Coding Theory) dengan menggunakan pengetahuanAljabar. Konsep-konsep aljabar yang digunakan mencakupruang vektor, grup, koset, lapangan, gelanggang, ideal dan polinom.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampumemahami prinsip dasar Teori Koding(Coding Theory) menggunakan pengetah.

Referensi:

  1. R. Hankerson, D.G. Hoffman, D.A. Leonard, C.C. Lindner, K.T. Phelps, C.A. Rodger & J.R. Wall. Coding Theory and Cryptography: The essentials Second edition. Marcel Dekker, New York – Basel
  2. J. Mac Williams & N.JA. Sloane. 1998. The Theory of Error-Correcting Codes. North-Holland
  3. San Ling & Chaoping Xing. 2004. Coding Theory: A first course. Cambridge Univ Press
  4. C. Huffman & Vera Pless. 2006. Fundamentals of Error-Correcting Codes. Cambridge Univ Press

 

KUT 437: ALJABAR LINIER (2 Sks)

Mata kuliah ini membahas tentang sistem persamaan linier, sifat matrik dan operasi baris elementer, determinan matrik, ruang euclid R2 dan R3 , R nEuclid sebagai perluasan R2 dan R3, pemetaan linier, nilai eigen dan vector eigen. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memanfaatkan operasi matrik dan operasi baris elementer untuk menyelesaikan sistem persamaan linier dan memahami pengertian dan sifat-sifat ruang Euclid R nbeserta pemetaan linier dari Rnke R m.

Referensi:

  1. Anton, Howard. 2000. Dasar-dasar Aljabar Linear Edisi 7 Jilid 1. Jakarta: Interaksara
  2. Anton, H. 1994. Elementary Linier Algebra. Ed. New York. Jonh Wiley & Sons. th 7
  3. Poole, David. 2003.Introduction Linear Algebra
  4. suryadi, Harini Machmudi. 1984. Teori dan Soal Pendahuluan : Aljabar Linier. Graha Indonesia. Jakarta.
  5. Howar Anton, Pantur Silaban. 1991. Aljabar Linier Elementer. Jakarta. Erlangga.
  6. Sumber-sumber lain yang relevan

 

KUT 435: STRUKTUR ALJABAR I (2sks)

Matakuliah ini membahas terkait dengan himpunan, pemetaan, grup, homomorfisme dan isomorfisme yg berguna bagi pengembangan ilmu lainnya. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami himpunan, pemetaan, operasi, bilangan bulat, grup, homomorfisme dan isomorfisme grup.

Referensi:

  1. Muniri, 2012. Struktur Aljabar. Tadris Matematika Jurusan tarbiyah STAIN Tulungagung.
  2. I Made Sulandra, Struktur Aljabar I. 1994/1995. FPMIPA Jurusan Pendidikan Matematika IKIP Malang. I.N. Herstein, Topics in Algebra, 2nd Ed.
  3. Chaudhuri, N.P. 1983. Abstract Algebra. New Delhi: Mc Graw-Hill
  4. Durbin, J.R. 1992. Modern Algebra: an Introduction. New York: John Wiley & Sons.
  5. 1997. A First Course In Abstract Algebra. New York: Addison – Wesley Publ.Co.
  6. Paley dan Weichshel. 1986. Introduction to Abstract Algebra. London: Holt, Rinehart,
  7. Robert C. T. A. Y. 1970. Introduction To Abstract Algebra.

 

KUT 436: STRUKTUR ALJABAR 2 (2sks)

Matakuliah ini berisikan terkait dengan bahasan gelanggang, lapangan dan geanggang faktor yang menjadi landasan pada matakuliah yang lain. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami Gelanggang, Lapangan Dan Gelanggang Faktor

Referensi:

  1. Muniri, 2012. Struktur Aljabar. Tadris Matematika Jurusan Tarbiyah STAIN Tulungagung.
  2. I Made Sulandra, Struktur Aljabar I. 1994/1995. FPMIPA Jurusan Pendidikan Matematika IKIP Malang. I.N. Herstein, Topics in Algebra, 2nd Ed.
  3. Chaudhuri, N.P. 1983. Abstract Algebra. New Delhi: Mc Graw-Hill
  4. Durbin, J.R. 1992. Modern Algebra: an Introduction. New York: John Wiley & Sons.
  5. 1997. A First Course In Abstract Algebra. New York: Addison – Wesley Publ.Co.
  6. Paley dan Weichshel. 1986. Introduction to Abstract Algebra. London: Holt, Rinehart,
  7. Robert C. T. A. Y. 1970. Introduction To Abstract Algebra.

 

KTT 407: STRUKTUR GRUP & RING (2 sks)

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep: (1) Struktur Aljabar dan grupoid, (2) grup abstrak, (3) tingkat grup, (4) grup normal dan homomorphisma grup. Kemudian dilanjutkan dengan mengkaji tentang konsep: (1) Gelanggang (ring), (2) Sifat-sifat ring, (3) Tipe-tipe ring, (4) Subring , (5) Polinomial, (6) Ideal dan Ring Faktor, (7) Homomorphisma Ring, (8) Karakteristik dan Isomorphisma Ring, dan (9) Ring Euclid. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami konsep-konsep struktur aljabar yang berkaitan dengan grup dan ring

Referensi:

  1. Chaudhuri, N.P. 1983. Abstract Algebra. New Delhi: Mc Graw-Hill
  2. Durbin, J.R. 1992. Modern Algebra: an Introduction. New York: John Wiley & Sons.
  3. 1997. A First Course In Abstract Algebra. New York: Addison – Wesley Publ.Co.
  4. Gilbert, J. & Gilbert, L. 2000. Elements of Modern Algebra. London: Brooks/Cole.
  5. Gilbert, W. 1976. Modern Algebra With Application. New York: John Wiley & Sons
  6. Herstein, I.N. 1975. Topics in Algebra, 2nd edition. New York: John Wiley & Sons.
  7. 2008. Pengantar Struktur Aljabar 1 & 2. Semarang: F-MIPA UNNES
  8. Paley dan Weichshel. 1986. Introduction to Abstract Algebra. London: Holt, Rinehart, and Winston.
  9. Robert C. T. A. Y. 1970. Introduction To Abstract Algebra.

 

KUT 414: PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA (2sks)

Mata kuliah ini dimaksudkan agar para mahasiswa sebagai insan akademis relegius memiliki pengetahuan yang memadai tentang hal-hal yang terkait dengan Perencanaan Pembelajaran Matematika di sekolah/madrasah, khususnya tentang pengembangan Program Tahunan (Prota); Pengembangan Program Semesteran(Promes); Integrasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Matematika; Pengembangn Silabus Matematika active learning dan berkarakter; Pengembangan RPP Matematika active learning dan berkarakter; Pembuatan Kriteria Ketuntasan Mengajar (KKM). Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu mengembangankan perencanaan pembelajaran matematika active learning dan berkarakter, serta dapat menentukan kriteria ketuntasan mengajar

Referensi:

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2006 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Menteri Nomor 22 dan 23 Tahun 2006.
  4. Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2010. Pedoman pendidikan karakter Permendiknas 41 Tahun 2007

 

KUT 451:DASAR-DASAR KOMPUTER (2 sks)

Mata kuliah ini mempelajari program aplikasi pengolah kata, presentasi, dan pengolah data. Program aplikasi yang digunakan adalah Microsoft Office, yaitu: Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, dan Microsoft Excel. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampuMemahami dan mengoperasikan program aplikasi Microsoft Office.

Referensi:

  1. Boot, Ed & Leonard, W. 2007. Special Edition Using Microsoft Office 2007. Indianapolis, Indiana: Que Publishing.
  2. Christianus, Waloeyo, Y. J., dan Mario, Y. E. 2010. 3 in 1 Microsoft Office 2007. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
  3. Kinkoph, S. W. 2007. Microsoft Office 2007 Simplified. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc.

 

KUT 423: KAJIAN &PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MAT (2sks)

Matakuliah ini membahas secara mendalam ciri dan karakteristik pembelajaran matematika yang kontektual dan realistic serta teori – teori pembelajaran yang mendukungnya, Mengenal dan mampu menerapkan bermacam- macam pendekatan dan model pembelajaran matematika Kontektual dan inovatif dalam merancang proses pembelajaran matematika, Menelaah standart isi kurikulum matematika SMP dan SMA dan mengembangkan perangkat pembelajarannya, Menelaah substansi dan hirarkhis urutan penyampaian materi kurikulum dan buku ajar matematika SM P dan SMA. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu mensimulasikan pembelajaran matematika SMP dan SMA dengan mempertimbangkan metodologi pembelajaran matematika yang berorientasi pada kurikulum 2013.

Referensi:

  1. Bamet, Raymon A dan Ziegier, Michael R. 1993, College Mathematics, New York : Macmillian
  2. Burger, William F. dan Murser, Gary L. 1991, Mathematics for Elementary Teachers, New York: Macmillan
  3. Cholik Adinawan & Sugiyono, 2006, Matematika SMP Jilid I,II dan III Jakarta: Erlangga
  4. D, Augustin, c.& Smith, Jr.C.W.1992, Teaching Elementary Mathematics, New York: Harper Collin.
  5. 2006. Kurikulum Matematika Sekolah Menengah Pertama, Jakarta
  6. 2006. Kurikulum Matematika Sekolah Menengah Atas, Jakarta
  7. Hudoyo, Herman dkk 1979. Pengembangan Kurikulum dan Pelaksanaannya di Depan Kelas, Surabaya: Usaha Nasional
  8. Journal: Mathematics Teaching in the Middle School. Journal published by NCTM
  9. Muhammad. 2000, Realistic Mathematics Education, Makalah dalam Seminar Tentang Contextual Learning Dalam Pendidikan Matematika. NN:NN
  10. Reys, Robert E Suydam, Marilyn N. Linguist, Mary Mongomary: 1980, Helping Childrens Learn Mathematics, Boston: Allyn and Bacon
  11. Troutman A. P, Betty K. L, 1991, Mathematics a Good Beginning (Strategies for Teaching Children), Fourt Edition California Pasific Grove: Brooks/ Cole
  12. Wheeler, M.R 1994. Modern Mathematics, California Pasific Grove: Brooks/ Cole
  13. Yulianto Agus, Model – model Pembelajaran Inovatif Sebagai Solusi Mengakhiri Dominasi Pembelajaran Guru, Surabaya:SMAN 2 (Tidak dipublikasikan)
  14. Wisulah : 2009, Pengembangan Pembelajaran Matematika, Malang: LP3L Unikan

 

KUT 429: KALKULUS 1 (2 sks)

Mata kuliah ini membahas tentang: (1) Sistem bilangan real; (2) fungsi;(3) limit fungsi; (4) kekontinuan ; (5) turunan; dan (6) penggunaan turunan. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami konsep dasar kalkulus, limit, turunan danpenggunaan turunan

Referensi:

  1. Taylor A.E. And Mann W.R.,1983, Advenced Calculus.John Wiley & Son. Inc. : New York
  2. Fulks, Watsons. 1981 Advenced Calculus John Wiley & Son Inc. : New York
  3. Olmsted, John. 1970. Advenced Calculus, Eurasia Publising : New York

 

KUT 430: KALKULUS II (2sks)

Mata kuliah ini membahas tentang: (1) Integral; (2) integral tentu; (3) fungsi transenden; (4) turunan fungsi eksponen ; (5)bentuk tak tentu; (6)integral tak wajar; dan (7) penggunaan integral. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami konsep dasar integral,fungsi transenden, dan penggunaanintegral.

Referensi:

  1. Taylor A.E. And Mann W.R.,1983, Advenced Calculus.John Wiley & Son. Inc. : New York
  2. Fulks, Watsons. 1981 Advenced Calculus John Wiley & Son Inc. : New York
  3. Olmsted, John. 1970. Advenced Calculus, Eurasia Publising : New York

 

KUT 431: KALKULUS LANJUT (2 sks)

Mata kuliah ini sebagai bentuk pengembangan atau kelanjutan dari mata kuliah Kalkulus-1 dan Kalkulus-2. Topik utama dalam jabaran tatap muka: (1) Sistem bilangan real (2) Perluasan dari teorema rata-rata, (3) Fungsi dari beberapa variabel, (4) Teorema umum tentang turunan parsial, (5) Integral ganda dua dan tiga.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami dan menguasai tentang Sistem bilangan real, Perluasan dari teorema rata-rata, Fungsi dari beberapa variabel, Teorema umum tentang turunan parsial, dan Integral ganda dua dan tiga

Referensi:

  1. Taylor A.E. And Mann W.R.,1983, Advenced Calculus.John Wiley & Son. Inc. : New York
  2. Fulks, Watsons. 1981 Advenced Calculus John Wiley & Son Inc. : New York
  3. Olmsted, John. 1970. Advenced Calculus, Eurasia Publising : New York

 

KUT 420:KAJIAN & PENGEMB. KURIKULUM MAT SD (2 sks)

Mata Kuliah ini membahas secara mendalam konsep, teori dan penerapan matematika di Sekolah Dasar. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) sistem lambang bilangan; (2) Bilangan Bulat; (3) Kelipatan Persekutuan Terkecil; (4) Faktor Persekutuan Terbesar; (5) Bilangan Bulat; (6) Bilangan Rasional; (7) Desimal; (8) konsep dasar geometri; (9) system pengukuran; (10) keliling dan luas bangun datar; (11) volum dan luas permukaan bangun ruang ; (12) pengukuran. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu mengenai konsep dan teori matematika Sekolah Dasar. Mata kuliah KPMSD mengkaji masalah bilangan dan operasinya, konsep dasar geometri, dan pengukurann sudut, waktu, jarak, dan hubungan antar satuan pengukuran.

Referensi:

  1. Bennet, Jr. 2004. Mathematic For Elementary Teacher. New York: McGraw Hill Book Company,,Inc.
  2. D’Augustin. 1992. Theaching Elementary School Mathematic. Ohio University:Athens.
  3. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang.Malang
  4. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Rosda .Bandung.
  5. Kaplan, A.2004. Math On Call A Mathematics Handbook. USA: Great Source Education Group
  6. LAPIS PGMI. 2009. Matematika-1. Aprinta. Surabaya
  7. LAPIS PGMI. 2009. Matematika-2. Aprinta. Surabaya
  8. 1985. Pengantar Ilmu Bilangan. Sinar Wijaya. Surabaya
  9. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. NCTM
  10. Resnick & Ford. 1981. The Psycology of Mathematics for Instruction. Hill Dale. New Jersey.
  11. Subarinah, S. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Depdiknas. Jakarta.
  12. Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. UPI Bandung

 

KUT 441: ANALISIS REAL I (2 sks)

Mata kuliah Analisis Riil dikenal sebagai the body of mathematics. Mata kuliah ini   merupakan dasar di dalam matematika untuk berfikir secara formal, yaitu berfikir secara deduktif aksiomatik. Lebih khusus lagi, mata kuliah analisis riil merupakan dasar dari mata kuliah kalkulus. Jika dalam kalkulus, mahasiswa cenderung mempelajari materi-materi yang sifatnya aplikatif, maka pada analisis riil mahasiswa dituntut untuk mampu menguasai dasar-dasar teorinya. Dengan demikian mata kuliah ini tepat jika dijadikan bekal bagi para calon guru matematika khususnya untuk mengajar matematika sekolah tingkat atas. Secara rinci materi-materi yang akan dibahas dalam mata kuliah ini meliputi : Sistem Bilangan Riilℝ : Sifat Aljabar , Sifat Urutan ℝ, Trikotomi, Ketaksamaan Bernoulli, Harga Mutlak, Ketaksamaan segitiga, Sifat Kelengkapan ℝ, Supremum, infimum, Sifat Archimedes, Teorema Kerapatan. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu membuktikan teorema-teorema yang ada di dalam Sistem Bilangan Riil, Barisan Bilangan Riil.

Referensi:

  1. Bartle G.Robert, Sherbert R. Donald, 1991, Introduction to Real Analysis, New York: John Wiley & Sons
  2. Hadi, Syaiful, 2012, Pengantar Analisis Real,Tulungagung: STAINTA

 

KUT 442: ANALISIS REAL II (2 sks)

Mata kuliah Analisis Riil dikenal sebagai the body of mathematics. Mata kuliah ini   merupakan dasar di dalam matematika untuk berfikir secara formal, yaitu berfikir secara deduktif aksiomatik. Lebih khusus lagi, mata kuliah analisis riil merupakan dasar dari mata kuliah kalkulus. Jika dalam kalkulus, mahasiswa cenderung mempelajari materi-materi yang sifatnya aplikatif, maka pada analisis riil mahasiswa dituntut untuk mampu menguasai dasar-dasar teorinya. Dengan demikian mata kuliah ini tepat jika dijadikan bekal bagi para calon guru matematika khususnya untuk mengajar matematika sekolah tingkat atas. Secara rinci materi-materi yang akan dibahas dalam mata kuliah ini meliputi : Barisan Bilangan Riil yang meliputi : Definisi barisan; Barisan konvergen dan divergen; Teorema Limit Barisan; Teorema Apit Barisan; Barisan monoton; Barisan Bagian; Barisan Cauchy; Lemma Cauchy; Kriteria Kekonvergenan Cauchy. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu Membuktikan teorema-teorema yang ada di dalam Barisan Bilangan Riil.

Referensi:

  1. Bartle G.Robert, Sherbert R. Donald, 1991, Introduction to Real Analysis, New York: John Wiley & Sons
  2. Hadi, Syaiful, 2012, Pengantar Analisis Real,Tulungagung: STAINTA

 

KUT 439: ANALISIS VEKTOR I (2 sks)

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengaplikasikan vektor untuk memecahkan permasalahan-permasalahan, khususnya dalam geometri. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu Mata kuliah ini bermanfaat untuk membantu memecahkan berbagai permasalahan, khususnya dalam geometri, fisika dan mekanika. Materi-materi yang akan dipelajari dalam mata kuliah ini meliputi : a. Vektor dan scalar; b. Pergandaan antar vektor; c. Pendiferensialan fungsi vektor; d. Gradien, divergensi dan curl; e. Integrasi vektor;   f. Transformasi integral; dan Koordinat Kurvilinear.

Referensi

  1. Apostol, TM. (1982). Calculus, volume II. Toronto: Blaisdell Pub. Coy.
  2. Ayres, F. Jr. (1998). Diferensial dan Integral, Kalkulus. Jakarta: Erlangga.
  3. Kreyszig, E. (1979). Advanced Mathematics, fourth edition, New York: John Wiley & Sons.
  4. Miswanto, (2013). DIKTAT ANALISIS VEKTOR. (Tulungagung: Free Document).
  5. Narayan, S. (1976). A Tekxt Book of Vector Calculus. New Delhi: S. Chand Coy Ltd..
  6. Phillips, HB. (1964). Vector Analysis. New York: John Wiley & Sons.
  7. Purcell, EJ & Vergberg, D. (1994). Kalkulus dan Geometri Analitis, Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
  8. Spiegel, MR. (1974). Theory and Problem of Vector Analysis adn an Introduction to Tensor Analysis, S1 Metric New York: Mc Graw Hill Book Coy.
  9. Suherman, Erman (2004). Pengantar Analisis Vektor. Bandung: FPMIPA UPI.
  10. Sukirman (2002). Analisis Vektor. Jakarta: Universitas Terbuka.
  11. —————– (1998). Analisis vektor, Suatu Pengantar Analisis Tensor. Jakarta: Erlangga.

 

KUT 440: ANALISIS VEKTOR II (2 sks)

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengaplikasikan vektor untuk memecahkan permasalahan-permasalahan, khususnya dalam geometriMata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memecahkan berbagai permasalahan, khususnya dalam geometri, fisika dan mekanika. Materi-materi yang akan dipelajari dalam mata kuliah ini meliputi : a. Integral Vektor; b.Teorema Green; c.Stoke; d. Divergensi Gauss; dan koordinat kurvilinear.

Referensi:

  1. Apostol, TM. (1982). Calculus, volume II. Toronto: Blaisdell Pub. Coy.
  2. Ayres, F. Jr. (1998). Diferensial dan Integral, Kalkulus. Jakarta: Erlangga.
  3. Kreyszig, E. (1979). Advanced Mathematics, fourth edition, New York: John Wiley & Sons.
  4. Miswanto, (2013). DIKTAT ANALISIS VEKTOR. (Tulungagung: Free Document).
  5. Narayan, S. (1976). A Tekxt Book of Vector Calculus. New Delhi: S. Chand Coy Ltd..
  6. Phillips, HB. (1964). Vector Analysis. New York: John Wiley & Sons.
  7. Purcell, EJ & Vergberg, D. (1994). Kalkulus dan Geometri Analitis, Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
  8. Spiegel, MR. (1974). Theory and Problem of Vector Analysis adn an Introduction to Tensor Analysis, S1 Metric New York: Mc Graw Hill Book Coy.
  9. Suherman, Erman (2004). Pengantar Analisis Vektor. Bandung: FPMIPA UPI.
  10. Sukirman (2002). Analisis Vektor. Jakarta: Universitas Terbuka.
  11. —————– (1998). Analisis vektor, Suatu Pengantar Analisis Tensor. Jakarta: Erlangga

 

KUT 424: GEOMETRI EUCLID I (2 sks)

Mata kuliah ini membahas pengertian sistem aksiomatik, aksioma-aksioma dalam geometi Euclid, kongruensi segitiga, ketegaklurusan dan kesejajaran.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami konsep dan menggunakan sifat dan aturan pada geometri Euclid untuk pemecahan masalah

Referensi:

  1. Ahsanul In’am (2003). Pengantar Geometri, Malang: BayuMedia
  2. Barnet R (2005). Geometri, Jakarta: Erlangga

 

KUT 426: GEOMETRI ANALITIK BIDANG (2 sks)

Geometri Analitik Bidang merupakan bagian dari matematika yang memainkan peranan penting dalam penataan nalar dan menciptaan kedisiplinan. Geometri analitik pada hakekatnya mempelajari geometri dengan menggunakan simbol-simbol dan perhitungan aljabar, sehingga menuntut mahasiswa menggunakan penalaran dan kedisiplinan. Geometri Analitik Bidang terkait erat dengan matakuliah vektor, kalkulus, dan geometri analitik ruang. Geometri Analitik Bidang dengan vektor berhubungan timbal balik, yakni saling mendukung dalam memahami materi satu dengan yang lain. Geometri Analitik Bidang banyak memberikan dukungan dalam memahami materi-materi kalkulus maupun geometri analitik ruang. Geometri Analitik Bidang mempelajari sifat-sifat geometri dari irisan kerucut (persamaan berderajad dua dalam x dan y), yaitu titik, garis, lingkaran, elips, parabola, dan hiperbola serta pengembangannya melalui pendekatan aljabar. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu menggunakan operasi dan manipulasi aljabar dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan persamaan garis, lingkaran, elips, parabola, dan hiperbola serta pengembangannya melalui pendekatan aljabar.

Referensi:

  1. Hendarto Cahyono, Geometri Analit Bidang, Hand Out Kuliah
  2. Purcell, Calculus with Analytic Geometry, 8th

 

KTT 404: APLIKASI STATISTIKA (2 sks)

Mata kuliah ini mempelajari berbagai macam analisis uji dengan Program SPSS untuk membantu menyelesaikan pengolahan data statistika dalam penelitian yang biasanya dilakukan dengan perhitungan manual. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: 1. Jenis-jenis Statistika dan Pengenalan Sofware SPSS, 2. Jenis-jenis Data dan Transformasi Data, 3. Statistik Deskriptif, 4. Uji Hipotesis Beda Mean: One sample t-test, 5. Uji Hipotesis Beda Mean: Independent t-test, 6. Uji Hipotesis Beda Mean: Paired t-test, 7. Uji Normality dan Homogenity, 8. Analisis Variansi Satu Jalur, 9. Analisis Variansi Dua Jalur, 10. Analisis Regresi Linear Sederhana, 11. Analisis Regresi Linear Berganda, 12. Pembuatan Grafik, 13. Uji Validitas dan Reliabilitas.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu ahasiswa dapat memahami jenis-jenis data, mengolah dan menganalisis data dengan berbagai macam analisis uji dengan menggunakan software aplikasi statistika.

Referensi:

  1. Winarsunu, Tulus. 2006. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
  2. 2001. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

 

KUT 416: TRIGONOMETRI (2 sks)

Matakuliah ini mempelajari tentang perbandingan trigonometri, memahami identitas trigonomteri, grafik fungsi trigonomteri, persamaan trigonomteri, menggunakan aturan sinus dan cosinus, menentukan luas segitiga, rumus trigonomteri jumlah dan selisih sudut, dan rumus sinus, cosinus, dan sudut ganda.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami dan menguasai konsep dan keterampilan matematika mengenai Trigonometri

Referensi:

  1. Baley, John B., 2003, Trigonometry Revised Trihd Edition, New York: Mc. Graw-Hill
  2. Frank Ayres, 1986. Trigonometri Schaum Series. New York: Mc. Graw-Hil
  3. Lial, Margaret L., 1993. Trigonometry Fifth Edition. New York. Harper Collins College Publisers
  4. Aldess, C.J. 1994. Ilmu Ukur Segitiga (Terjemahan dalam Bahasa Indonesia). Jakarta: Pradnya Paramita

 

KUT 443: MATEMATIKA DISKRIT (2 sks)

Mata kuliah Matematika diskrit ini sesuai dengan namanya fokus kepada obyek-obyek matematka yang bersifat diskrit.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu menguasai tentang teknik-teknik pembuktian matematika berkenaan dengan permasalahan diskrit. Selain itu mahasiswa juga memahami permasalahan permutasi dan kombinasi.

Referensi:

  1. Balakrishnan, V.K., Introductory Discrete Mathematics, Prentice Hall, 1991.
  2. Biggs, N.L., Discrete Mathematics, second edition, Oxford University, 2002.
  3. Goodaire dan Parmenter, Discrete Mathematics with Graph Theory, 2th, Prentice Hall, 2003.
  4. Grimaldi R.P., Discrete and Combinatorial Mathematics an Applied Introduction, Thirth edition, Addison-Wesley, 1994.
  5. Kolman, Busby, Ross, Mathematical Structures. 4th edition, Prentice Hall, 2000.

 

KUT 446: MATEMATIKA EKONOMI (2 sks)

Perkuliahan ini memberikan bekal kepada mahasiswa agar memiliki pengetahuandan kemampuan mempelajari matematika yang dijadikan dasar untuk memperkuat analisis kuantitatif untuk membahas masalah-masalah ekonomi dengan menggunakan pendekatan dan lambing-lambang ekonomi. Mata kuliah Matematika ekonomi ini membahas tentang konsep dasar matematika ekonomi, deret dan penerapannya dalam ekonomi, teori fungsi dan penerapannya dalam ekonomi, aljabar kalkulus turunan fungsi sederhana dan penerapannya dalam ekonomi, turunan fungsi majemuk/parsial dan penerapannya dalam ekonomi, kalkulus integral dan penerapannya dalam ekonomi, model linier dengan pendekatan matriks dan penerapannya dalam ekonomi, analisis input output dan penerapannya dalam ekonomi, serta linier programming dan penerapannya dalam ekonomi.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu menerapkan teori matematika dalam ekonomi.

Referensi:

  1. Hidayat, Wahyu, R & Kusuma, H. (2007). Matematika Ekonomi. Malang: UMM Press.
  2. Kalangi, J.B. (2009). Matematika Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
  3. Buku lain yang relevan.

 

KUT 432: METODE STATISTIKA (2 sks)

Mata kuliah ini membahas tentang statistik deskriptif dan inferensial yang digunakan dalam penelitian.Kegunaan statistik dalam penelitian bermacam-macam, yaitu sebagai alat untuk penentuan sampel, pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, penyajian data, dan analisis data. Di dalam metode statistika ini akan dijelaskan mulai peranan statistika dalam penelitian sampai dengan pengujian hipotesis.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami peranan statistik dalam penelitian dan memahami jenis-jenis data dalam penelitian, penyajian data, ukuran pemusatan, ukuran penyebaran, menentukan populasi, sampel dan normalitas data dan mampu melakukan pengujian hipotesis.

Referensi:

  1. Statistika untuk Penelitian. 2009. Prof. Dr. Sugiyono. Alfabeta Bandung.
  2. Walpole R, E. dan Mayor R. H . 1995. Ilmu peluang dan statistika untuk insinyur dan ilmuwan. Bandung : penerbit ITB.

 

KTT 403: STATISTIK NONPARAMETRIK (2 sks)

Mata kuliah ini membahas tentang (1) Dasar-dasar statistika nonparametrik yang digunakan sebagai pijakan pembahasan lebih lanjut tentang statistika nonparametrik ; (2) Uji tanda dan uji kecenderungan ; (3) table kontingensi yang terkait dengan uji chi kuadrat dan uji median ; (4) jenis-jenis koefisien kontingensi ; (5) uji goodness of Fit ; (6) uji rank (uji wilcoxon ‘ Manwhitney dan uji Friedman ; serta (7) uji Kolmogorov smirnov.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memiliki kemampuan memahami teknik statistika dengan metode statistika bebas distribusi yang selanjutnya mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk kebutuhan penelitian.

Referensi:

  1. Wayne Daniel, Statistika Nonparametrik Terapan (terjemahan)(1989), Jakarta, PT Gramedia.
  2. Pratono, Metode Statistika Nonparametrik (1986), Universitas Terbuka, Jakarta.
  3. Ronald E Walpole, Pengantar Statistika, (Introduction To Statistics) alih bahasa bambang Sumantri, Gramedia.

 

KUT 434: STATISTIK PARAMETRIK

Perkuliahan ini memberikan bekal kepada mahasiswa agar memiliki pengetahuandan kemampuan mempelajari analisis data dengan statistika parametric. Perkuliahan ini membahas tentang ruang lingkup statistic parametric, uji data, uji satu sample, uji dua sample, uji anova, korelasi regresi, uji linieritas, validitas dan reliabilitas, dan multivariate.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampumemiliki pengetahuan, pengalaman, kemampuan, dan keterampilan menerapkan statistika parametric dalam penelitian.

Referensi:

  1. Agus Eko Sujianto. (2009). Aplikasi Statistik dengan SPSS. Jakarta: Prestasi Pustaka
  2. Singgih Santosa. (2007). Soal Jawab Statitik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  3. Duwi Priyatno. (2009). SPSS Untuk Analisis Korelasi, Regresi, Multivariate. Yogyakarta: Gava Media.

 

KUT 452: PEMBELJ. MATEMATIKA BERBANTUAN KOMPUTER (2 sks)

Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan tentang sofware maple. Dengan demikian mahasiswa dapat menggunakan sofware ini untuk menyelesaikan masalah matematika Kalkulus. Yang dipelajari dalam matakuliah ini meliputi pengenalan ide maple, operasi dasar aritmatika, fungsi, limit fungsi, turunan, integral. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami dan mempraktikan software yang ditunjuk dalam menyelesaikan masalah matematika.

Referensi:

  1. Asmarani, Dewi. 2010. Modul Matematika Berbantuan komputer. Tulungagung. STAIN Tulungagung .
  2. Ari, Rosihan. 2008. Kalkulus dengan Maple.Buku tidak diterbitkan.

 

KUT 412: PENGEMB. MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (2 sks)

Mata kuliah ini membahas tentang penggunaan media pembelajaran matematika yang dapat menumbuhkan pembelajaran matematika yang kontektual berorientasi pada pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan serta penuh dengan Inovatif. Mengenal dan memahami tentang manfaat, jenis dan karakteristik media pembelajaran matematika. perencanakan dan penggunakan media pembelajaran yang sudah tersedia terkait dengan model pembelajaran yang digunakan dan indicator pembelajaran yang akan dicapai, perencanakan dan pembuatan media pembelajaran matematika dengan memanfaatkan benda–benda di sekitar, perencanaan dan pembuatan media pembelajaran matematika berbasis komputer maupun mobile application.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu mengembangkan dan menggunakan media berbasis komputer maupun mobile application dalam pembelajaran matematika di sekolah

Referensi:

  1. Craig N. Locatis dan Francis D Atkinson. 1984. Media and Technology for Educatian and Training. Ohio: Bell & Howell Company
  2. Diginnovac, Dkk. 2009. Membuat Game Aritmatika dengan Flash. Jakarta: Elex Media Komputindo
  3. Wisulah, 2009, Pengembangan Pembelajaran Matematika, Malang: LP3L Unikan
  4. Sharon E.; Heinich, Robert; Russell, James D. Smaldino.2004.Instructional Technology and Media for Learning. Prentice Hall

 

KUT 444: METODE NUMERIK (2 sks)

Mata Kuliah ini membahas secara mendalam konsep kompetensi profesional yang harus dimiliki para pendidik. Isi pokok mata kuliah ini meliputi : (1) Dasar Metode Numerik, (2) Galat Aproximasi,(3) Konsep Pencocokan Kurva, (4) Penyelesaian Integrasi dan (5) Mengenal Salah Satu Bahasa Pemograman untuk Menyelesaikan Permasalahan Matematis memahami Konsep Dasar Metode Numerik, Galat Aproximasi, Konsep Pencocokan Kurva, Penyelesaian Integrasi dan Mengenal Salah Satu Bahasa Pemograman untuk Menyelesaikan Permasalahan Matematis.

Referensi:

  1. Atkinson, K. (1985). Elementary Numerical Analysis. John Wiley & Sons
  2. Chapra, SC & Canale, RP. (1989). Numerical Methods for Engineers. McGraw Hill
  3. Mathews, JH. (1992). Numerical Methods for Mathematics, Science, and Engineering. Prentice Hall
  4. Susila, I.N. (1993). Dasar-dasar Metode Numerik. Jakarta.

 

KUT 422: KAJIAN & PENGEMBANGAN KURIKULUM MAT. SMA

Matakuliah ini membahas tentang : persamaan dan fungsi kuadrat, persamaan dan pertidaksamaan, fungsi eksponen dan logaritma,peluang, matriks, trigonometri, sukubanyak,logika, limit,turunan , integral, lingkaran, deret, dimensi tiga, Program Linier. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami dan menguasai konsep dan ketrampilan matematika SMA serta mampu menyampaikan dalam pembelajaran matematika.

Referensi:

  1. Loedji, Willa.2008. Matematika Bilingual untuk Kelas X semester 1 dan 2.Bandung: Yrama Widya
  2. 2006. Matematika Jilid 2 untuk SMA Kelas XI IPA.Jakarta: Erlangga.
  3. Retnosari, Dewi.2008. Matematika untuk SMA/MA Kelas XII Program Bahasa. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

 

KUT 450: SEMINAR PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAT (2 sks)

Mata kuliah ini membekali mahasiswa memahami cara mengembangkan matematika melalui studi literatur. Matakuliah ini mengkaji penelitian-penelitian di matematika dan dilanjutkan dengan presentasi.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu menganalisis problematika pembelajaran matematika yang bersumber dari beberapa literatur kemudianmenyampaikannya dalam seminar di kelas.

Referensi:

  1. John A. Van De Walle.1990.Elementary School Mathematics, Teaching Developmentally. New York : Longman
  2. Jurnal/artikel dalam internet
  3. Kurikulum terbaru

 

KTT 401: TEORI SAMPLING (2 sks)

Dalam Materi kuliah akan mempelajari tentang desain sampling (acak, stratifikasi, sistematik) , spatial sampling, temporal sampling , estimasi, prediksi dan studi kasus.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampumempunyai keterampilan dalam mengolah dan menganalisis data, memiliki pengetahuan dan pemahaman logis suatu masalah berdasar data factual, dan memahami dan terampil menerapkan desain sampling standar , estimasi dan prediksi

Referensi:

  1. Cohran W.G 1977.Sampling Techniques. 3th edition , John Wiley & Sons
  2. Taro Yamane. 1967 Elementary Sampling Theory, Prentice-Hall.
  3. Suhartono, Irawan. (2000). Metode Penelitian Sosial. PT.Remaja Rosdakarya.
  4. Masri Singarimbun. (1990). Metode Penelitian dan Survai. LP3ES.
  5. Cik Hasan Bisri dan Eva Rufaidah. (2002). Model Penelitian Agama dan Dinamika Sosial. PT. Raja Grafindo Persada.
  6. James A. Black, dan Dean J.Champion. (1992). Metode dan Masalah Penelitian Sosial. PT. Eresco.

 

KUT 417:TEORI HIMPUNAN

Mata kuliah ini mengkaji tentang: (1) Pengertian dan notasi himpunan, kesamaan himpunan, himpunan bagian, dan diagram Venn; (2) Operasi himpunan: gabungan, irisan, komplemen, perkalian kartesius; (3) Relasi pada himpunan, grafik relasi, fungsi sebagai subset relasi, grafik fungsi, macam-macam fungsi, macam-macam relasi; (4) pembuktian sederhana operasi biner; (5) Aljabar himpunan, Himpunan berindeks dan partisi; dan (6) Kardinalitas himpunan, formula kardinalitas himpunan, Teorema Cantor dan Schroder-Bernstein. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu(1) memahami pengertian himpunan dan operasinya; (2) memahami himpunan bilangan dan interval serta sifat-sifatnya; (3) memahami konsep relasi dan fungsi serta grafiknya; (4) memahami dan menentukan operasi biner; (5) memahami dan mampu membuktikan Aljabar himpunan, Himpunan berindeks dan partisi; dan (6) memahami Kardinalitas himpunan serta Teorema Cantor dan Schroder-B.

Referensi:

  1. Enderton, H. B. 1977. Elements of Set Theory. New York: Academic Press, Inc.
  2. Hrbacek, K. & Jech, T. 1999. Introduction to Set Theory Third Edition, Revised and Expanded. New York: Marcel Dekker, Inc.
  3. Jech, T. 2002. Set Theory: the Third Millennium Edition, Revised and Expanded. New York: Springer.
  4. Lipschutz, S. 1998. Schaum’s Outline of Theory and Problem of Set Theory and Related Topics Second Edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
  5. 2010. Logika dan Himpunan. Malang: UB Press.

 

KUT 449: PENELITIAN KUALITATIF PEND MATEMATIKA (2 SKS)

Mata kuliah ini mengkaji kegunaan, konsep-konsep, prinsip-prinsip, jenis-jenis, paradigma, pendekatan, metode dan teknik, serta langkah-langkah penelitian kualitatif.Di dalamnya dibahas pula tentang penerapan teori-teori penelitian dalam praktek di lapangan (proposal), khususnya dalam bidang studi seperti penerapan pendekatan dan metode, penetapan subjek, serta penggunaan teknik-teknik pengumpulan dan pengolahan data.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami Metodologi Penelitian Kualitatif pendidikan Matematika, Menulis Proposal, Melaksanakan Penelitian dan Menulis Laporan

Referensi:

  1. T. Ruseffendi. (1998). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Ilmu Non Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.
  2. B. Walter dan D. G. Merdith (1989). Educational Research. Melbourne: Longman CheshirePty
  3. Suhartono, Irawan. (2000). Metode Penelitian Sosial. PT.Remaja Rosdakarya.
  4. Masri Singarimbun. (1990). Metode Penelitian dan Survai. LP3ES.
  5. Cik Hasan Bisri dan Eva Rufaidah. (2002). Model Penelitian Agama dan Dinamika Sosial. PT. Raja Grafindo Persada.
  6. James A. Black, dan Dean J.Champion. (1992). Metode dan Masalah Penelitian Sosial. PT. Eresco.

 

KUT 445: PERSAMAAN DIFERENSIAL (2 sks)

Matakuliah ini membahas tentang klasifikasi persamaan diferensial, latar belakang munculnya persamaan diferensial, persamaan diferensial biasa ordo satu, persamaan diferensial biasa linear ordo dua, Pemetaan Laplace beserta pemetaan inversnya, dan penggunaanpersamaan diferensial biasa pada kehidupan sehari-hari.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu memahami dan Menguasai Solusi dari Persamaan Diferensial Sederhana/biasa orde satu, Orde Dua, Menentukan Persamaan Deret Untuk Penyelesaian PD dan Metode Numeris untuk mencari Solusi PD

Referensi:

  1. N Finizio G Ladas, Ordinary Differential Equation with Modern Applications, 1982, Wadworth Publishing Company
  2. Baiduri, Persamaan Diferensial dan matematika Model, 2002, UMM Press
  3. Rustanto Rahardi. 2003. Persamaan Diferensial Biasa. UM Press, Malang.

 

KUT 438: PROGRAM LINEAR (2 sks)

Mata kuliah ini mengkaji tentang: (1) Pengambilan Keputusan dalam Riset Operasi; (2) Formulasi dan Pemecahan Grafik;   (3) Metode Simpleks; (4) Metode Simpleks yang Direvisi; (5) Dualitas; (6) Analisis Sensitifitas; (7) Analisis Parametrik (8) Model Transportasi. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampumenguasai prinsip riset operasi dan menerapkan model-model   dlm riset operasi

Referensi:

  1. Maryono, 2005. Diktat Program Linear. STAIN Tulungagung
  2. Hillier, F.S and Lieberman. 1980.Introduction to Operation Research. Holden Day Inc. California.
  3. Taha, H.A. 1997. Riset Operasi. Binarupa Aksara. Jakarta.
  4. Wagner, H. 1982. Principles of Operation Research. Prestice Hall. New York

 

KUT 433: STATISTIK MATEMATIKA (2 sks)

Mata kuliah ini akan menyajikan dan mendiskusikan beberapa konsep esensial statistika matematika. yang diambil dari berbagai cabang keilmuan, antara lain psikologi, kedokteran, Perkuliahan bersifat interdisepliner untuk memecahkan masalah evaluasi pendidikan.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampumenerapkan Statistika Matematika dalam penelitian evaluasi pendidikan

Referensi:

  1. Hogg R V, Craig A T, 1995, Introduction to Mathematical Statistics, Prentice – Hall,
  2. Sudijono A, 2003, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Raja Grafindo Persada,
  3. Mardia K V, Kent J T, Bibby J M, 1979, Multivariate Analysis, Academic Press
  4. Bain, L.J. and Engelhardt, M. (1992). Introduction to Probability and Mathematical Statistics. Duxbury.

 

KUT 418: TEORI BILANGAN (2 sks)

Matakuliah ini membahas tentang Sistem Bilangan Bulat, Induksi Matematika, FPB,KPK,Teori Binomial, Konsep Keterbagian, dan Konsep Kongruensi. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

Referensi:

  1. Herstein, IN. 1975. Topic in Algebra. New York : John Willey and Son.
  2. Marhan Taufik. 2001. Pengantar Ilmu Bilangan. Malang : UMM Press.
  3. Sukirman, MP. 1986. Ilmu Bilangan. Jakarta : Karunia
  4. Muhsetyo, Gatot dkk. 1985. Pengantar Ilmu Bilangan. Surabaya : Sinar Wijaya

 

KUT447: TEORI GRAPH (2 sks)

MatakuliahinimembangunpemahamanmahasiswamengenaiDefinisi dan Konsep Fundamental: pengertian graf, Beberapa Jenis Graph, Jalan, lintasan, Sirkuit, Sikel, Derajat Titik Graph dan Representasi Graph Dalam Matriks. Graph berarah (digraph) Graph Pohon (Tree): Beberapa sifat Graph pohon, Pohon Biner, Pohon Rentang (Spanning Tree), algoritma Prim dan Kruskal.Masalah Lintasan Terpendek: Jarak Dua titik pada Graph, Algoritma Dijkstra. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampumemahami konsepdasar grafdan mampu mengaplikasikan dalam dunia nyata.

Referensi:

  1. Bondy, J, A. & Murty, U. S.R . (1977). Grafh Theory with Apllications. London. The Macmillan Press LTD.
  2. Buckley , F & Lewinter. M. (2003).A Friendly Introduction to Graph Theory. New Jersey, carson Education, Inc.
  3. Munir, R. (2005). Matematika Diskrit. Bandung, Informatika Bandung.
  4. Rosen, Kenneth H. (2003). Discrete Mathematics and its Aplication. New York. The Mc graw Hill

 

KUT 427: GEOMETRI ANALITIK RUANG

Matakuliah ini mengkaji tentang : (1) geometri dengan menggunakan symbol-simbol dan perhitungan aljabar, (2) sifat-sifat geometri dari hubungan fungsional antara absis (x), ordinat (y), dan aplikat (z), dengan materi bahasan (1) Sistem   koordinat, (2) Bidang rata, (3) Garis lurus, (4) Bola, (5) Tempat kedudukan, (6) Bidang derajad dua, (7) Persamaan umum derajad dua, dan (8) Merubah persamaan umum derajad dua ke bentuk sederhana.Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali Mahasiswa agarmampumenggunakan operasi dan manipulasi aljabar dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan hubunganfungsional antara absis (x), ordinat (y), dan aplikat (z)

Referensi:

  1. Slamet Hw, 1987, Geometri Analitik Ruang,
  2. Tomi Listiawan. 2011, Geometri Analit Datar,

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>